Jumat, 16 Mei 2014

Memotivasi Diri

Sangat sulit lho menjadi orang yang dapat memengaruhi orang lain untuk berfikir dan bertindak seperti apa yang kita harapkan. Jangankan bisa mengajak orang di luar diri kita, mengajak anak kita sendiri untuk berbuat sesuatu, susahnya minta ampun. sejatinya kita apapun profesi kita memang harus terus belajar dan belajar agar menjadi orang yang dapat memotivasi orang berbuat kebajikan. Atau kalau diistilahkan ke bahasa Inggris, kita diharapkan jadi inspiring people.

Ada seseorang yang dengan luar biasanya dapat mengajak orang lain untuk sukses dan mulia di dunia dan akhirat. saya mengetahuinya sebagai Bapak Jamil Azzaini. saya memang tidak mengenalnya dengan baik. saya juga belum pernah bertemu dengannya secara langsung. tapi saya mengetahuinya dari tulisan-tulisan di web atau blognya (lihat www.jamilazzaini.com). begitu hebatnya. kesadaran agar hidup sukses bukan hanya untuk pribadi terus didengungkannya. Menurutnya hidup sukses juga harus diiringi dengan kemulian berfikir, berbuat dan bertindak. biar ga jadi orang yang sukses tapi merugikan diri sendiri dan orang lain disekitarnya. banyak kesadaran yang digugahnya agar kita tetap punya semangat mengejar cita dan cinta, tetap dekat dengan Allah SWT, tetap menebar kebajikan di mana-mana. inspirasinya ternyata dapat ditebarkan ke seluruh indonesia bahkan ke luar negeri. Subhanallah....

Kita tentu mengharapkan bisa mengajak anak anak kita untuk menjadi seseorang  yang baik, taat beribadah, hormat dan patuh pada orang tua dan guru. nyatanya susah sekali. seringkali keinginan hanya jadi impian ketika melihat kenyataan hidup yang sebenarnya. tapi semangat menebar kebajikan memang tidak boleh berhenti ketika menemui kendala. harus dilihat lagi apa, mengapa hal itu bisa terjadi. bagaimana mengatasinya harus menjadi agenda pemikiran kita sebagai pendiidk bangsa ini. amanah ada di tangan kita. bagaimana kita harus menjaga amanah yang Tuhan titipkan pada kita.

Agar dapat mengajak orang lain berbuat baik, harus didasari dari hati terdalam. apa yang disampaikan dari hati biasanya akan sampai ke hati. jangan sekedar lip service belaka. untuk menjadi sumber inspirasi orang lain, ternyata harus punya kekuatan motivasi terlebih dahulu baru setelah itu bisa menularkannya pada orang lain. untuk punya kekuatan motivasi ternyata harus pula memperolehnya dari sang sumber energi tertinggi yaitu Allah SWT.  Allahlah sumber dari segala sumber kekuatan hidup. oleh karena itu kita harus mendekatiNya secara kontinue agar kekuatan hidup selalu ada pada kita. selanjutnya kita perlu berlatih tiap hari mengasah keajegan motivasi hidup kita dengan tetap berbaik sangka pada Tuhan, orang lain dan kehidupan ini. kekuatan berpikir positif akan menjadikan segala sesuatu dalam kehidupan ini menjadi pnuh hikmah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar